ABSTRAK PTK



INOVASI PEMBELAJARAN IPA POKOK BAHASAN CARA MENANGANI LIMBAH DENGAN PEMBUATAN VIDEO PENGOLAHAN LIMBAH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN 2 SMKN 1 PUGAAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Oleh: Robylia Febrina, Pembimbing: Atiek Winarti: 2012; 107 halaman)

ABSTRAK

Telah dilakukan penelitian tentang inovasi pembelajaran IPA pokok bahasan cara menangani limbah dengan pembuatan video pengolahan limbah. Penerapan cara belajar ini diharapkan berdampak positif dalam membangun prestasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan motivasi belajar siswa (2) meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Administrasi Perkantoran 2 SMKN 1 Pugaan yang berjumlah 31 orang. Instrumen penelitian berupa instrumen tes tertulis tipe soal essay yang berjumlah 5 dan lembar penilaian video buatan siswa, serta instrumen non tes berupa lembar observasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) motivasi belajar siswa meningkat berdasarkan skor rata-rata aktivitas siswa dimana pada siklus I siswa sangat aktif masih <75% menjadi <75% siswa sangat aktif pada siklus II dengan asumsi tingginya aktivitas belajar menunjukkan tingginya motivasi belajar siswa. (2) prestasi belajar siswa meningkat dari 80,6% siswa tuntas individual dengan nilai > 60 pada tes akhir/evaluasi belajar pada siklus 1 menjadi 100% pada siklus II. (3) Penilaian pembuatan video pengolahan limbah yang dilakukan siswa juga mengalami peningkatan yaitu dari rata-rata nilai per kelompok 2,81 dengan kategori cukup baik pada siklus I menjadi 3,34 pada siklus II.

Kata kunci: Pembuatan video pengolahan limbah, cara menangani limbah,    motivasi, prestasi
Suka artikel ini?

0 komentar on ABSTRAK PTK :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Komunitas Komunitas