INOVASI
PEMBELAJARAN IPA POKOK BAHASAN CARA MENANGANI LIMBAH DENGAN PEMBUATAN VIDEO
PENGOLAHAN LIMBAH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS
XI ADMINISTRASI PERKANTORAN 2 SMKN 1 PUGAAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Oleh: Robylia Febrina, Pembimbing: Atiek Winarti:
2012; 107 halaman)
ABSTRAK
Telah dilakukan penelitian tentang inovasi
pembelajaran IPA pokok bahasan cara menangani limbah dengan pembuatan video
pengolahan limbah. Penerapan cara belajar ini diharapkan berdampak positif
dalam membangun prestasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan
untuk (1) meningkatkan motivasi belajar siswa (2) meningkatkan prestasi belajar
siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan 2
siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan
tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI
Administrasi Perkantoran 2 SMKN 1 Pugaan yang berjumlah 31 orang. Instrumen
penelitian berupa instrumen tes tertulis tipe soal essay yang berjumlah 5 dan
lembar penilaian video buatan siswa, serta instrumen non tes berupa lembar
observasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) motivasi belajar siswa
meningkat berdasarkan skor rata-rata aktivitas siswa dimana pada siklus I siswa
sangat aktif masih <75% menjadi <75% siswa sangat aktif pada siklus II
dengan asumsi tingginya aktivitas belajar menunjukkan tingginya motivasi
belajar siswa. (2) prestasi belajar siswa meningkat dari 80,6% siswa tuntas
individual dengan nilai > 60 pada tes akhir/evaluasi belajar pada siklus 1
menjadi 100% pada siklus II. (3) Penilaian pembuatan video pengolahan limbah yang
dilakukan siswa juga mengalami peningkatan yaitu dari rata-rata nilai per
kelompok 2,81 dengan kategori cukup baik pada siklus I menjadi 3,34 pada siklus
II.
Kata kunci: Pembuatan video pengolahan limbah, cara menangani limbah, motivasi, prestasi
Suka artikel ini?
0 komentar on ABSTRAK PTK :
Posting Komentar