PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN KEMAMPUAN BERPENDAPAT SISWA KELAS XC PROGRAM KEAHLIAN AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA SMKN1 BANUA LAWAS PADA KOMPETENSI TSUNAMI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NHT

PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN KEMAMPUAN BERPENDAPAT SISWA KELAS XC PROGRAM KEAHLIAN AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA SMKN1 BANUA LAWAS PADA KOMPETENSI TSUNAMI  MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NHT

Ani Haryati
SMKN 1 Banua Lawas
email:haryati.ani@gmail.com

ABSTRAK

Telah dilakukan penelitian tentang model pembelajaan Number Head Together (NHT) pada pembelajaran materi tsunami sebagai bentuk gejala alam.  Hal ini dilatar belakangi kurangnya minat siswa selama kegiatan pembelajaran karena guru masih mengajarkan secara konvensional, selain itu ketuntasan klasikal yang masih dibawah standar.  Tujuan penelitian ini untuk (1) Meningkatkan pemahaman siswa, (2)Meningkatkan kemampuan berpendapat siswa pada pemebelajaran, (3) Mengetahui respon siswa.  Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus.  Masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan,pelaksanaan tindakan, pengamtan dan refleksi.  Subjek penelitian adalah adalah siswa kelas XC Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura SMKN 1 Banua Lawas, Kabupaten Tabalong yang berjumlah 29 siswa.  Instrumen penelitian berupa  lembar obsevasi guru dan siswa, angket respon siswa serta perangkat tes (pre tes dan pos tes).  Hasil penelitian menyimpulkan (1)  pemahaman hasil belajar siswa meningkat dari rata-rata 68,1 pada Siklus I  menjadi 81,72 pada siklus II. Ketuntasan belajar klasikal meningkat dari  62,10 % pada siklus I menjadi 96,6 % pada siklus II. (2) kemampuan berpendapat siswa meningkat  dari  kategori “baik” sebesar 34,5  %  menjadi kategori “sangat baik” sebesar  82,8 % , (3) respon positif siswa meningkat  dari kategori “sangat baik” sebesar 41 % (12 siswa) dan kategori “baik” sebesar 59% (17 siswa) meningkat menjadi  kategori “sangat baik” sebesar 69% (20 siswa) dan kategori “baik” sebesar 31 %.   

Kata kunci :  Number Head Together (NHT), Pemahaman siswa, kemampuan berpendapat, respon siswa
Suka artikel ini?

0 komentar on PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN KEMAMPUAN BERPENDAPAT SISWA KELAS XC PROGRAM KEAHLIAN AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA SMKN1 BANUA LAWAS PADA KOMPETENSI TSUNAMI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NHT :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Komunitas Komunitas