PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN KEMAMPUAN
BERPENDAPAT SISWA KELAS XC PROGRAM KEAHLIAN AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN DAN
HORTIKULTURA SMKN1 BANUA LAWAS PADA KOMPETENSI TSUNAMI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NHT
Ani Haryati
SMKN 1 Banua Lawas
email:haryati.ani@gmail.com
ABSTRAK
Telah dilakukan penelitian tentang model
pembelajaan Number Head Together (NHT) pada pembelajaran materi tsunami sebagai
bentuk gejala alam. Hal ini dilatar
belakangi kurangnya minat siswa selama kegiatan pembelajaran karena guru masih
mengajarkan secara konvensional, selain itu ketuntasan klasikal yang masih
dibawah standar. Tujuan penelitian ini
untuk (1) Meningkatkan pemahaman siswa, (2)Meningkatkan kemampuan berpendapat
siswa pada pemebelajaran, (3) Mengetahui respon siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan
penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus.
Masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan,pelaksanaan
tindakan, pengamtan dan refleksi. Subjek
penelitian adalah adalah siswa kelas XC Agribisnis Tanaman Pangan dan
Hortikultura SMKN 1 Banua Lawas, Kabupaten Tabalong yang berjumlah 29
siswa. Instrumen penelitian berupa lembar obsevasi guru dan siswa, angket respon
siswa serta perangkat tes (pre tes dan pos tes). Hasil penelitian menyimpulkan (1) pemahaman hasil belajar siswa meningkat dari
rata-rata 68,1 pada Siklus I
menjadi 81,72 pada siklus II.
Ketuntasan belajar klasikal meningkat
dari 62,10 % pada siklus I
menjadi 96,6
% pada siklus II. (2) kemampuan berpendapat siswa meningkat dari kategori “baik” sebesar 34,5 % menjadi kategori “sangat baik” sebesar 82,8 % , (3) respon positif siswa meningkat dari kategori “sangat baik” sebesar 41 % (12 siswa) dan kategori “baik”
sebesar 59% (17 siswa) meningkat menjadi
kategori “sangat baik” sebesar 69% (20 siswa) dan kategori “baik”
sebesar 31 %.
Kata kunci : Number
Head Together (NHT), Pemahaman siswa, kemampuan berpendapat, respon siswa
Suka artikel ini?
0 komentar on PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN KEMAMPUAN BERPENDAPAT SISWA KELAS XC PROGRAM KEAHLIAN AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA SMKN1 BANUA LAWAS PADA KOMPETENSI TSUNAMI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NHT :
Posting Komentar