Pemanfaatan Kulit Telur di Lingkungan SDN CPN

                Dalam rangka peningkatan mutu pendidikan anak SD di Cakung Permata Nusa,di SDN CPN di Tunjuk sebagai sekolah Adiwiyata yaitu sekolah yang berwawasan lingkungan. maka dalam hal ini kami mengadakan penelitian tentang pemanfaatan kulit telur. yang mana ada pepatah mengatakan yang terbuang jadi yang cemerlang. dalam artian sampah dimanfaatkan lagi bagi kehidupan kita.
              Disini akan dikupas tuntas mengenai pemanfaatan kulit telur untuk dijadikan berbagai macam keperluan dalam kehidupan kita di antaranya ialah pembuatan pupuk bagi tanaman. yang mana kita ketahui pada kulit telur ini terdapat kalsium, zat besi dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tanaman. hal ini bertujuan selain mengurangi sampah yang ada dilingkungan rumah tangga, dan sekitarnya juga sangat bermanfaat bagi tanaman kesayangan kita.  selain untuk mengurangi dana dalam pembelian ppupuk juga sangat murah meriah tanpa harus mengeluarkan dana.kita bisa memupuk tanamanyang kita sayangi dengan pupupk dari kulit telur.
Adapun langkah-langkah yang harus kita lakukan adalah:
1. Siswa  mengumpulkan kulit telur yang ada dirumah tangga, lingkungan sekitar, rumah makan.
2.Kulit telur yang sudah dikumpulkan dijemur agar menghilangkan bau atau sisa telur yang ada           dicangkang telur.
3. Siswa menghancurkan kulit telur dengan menggunakan alat tradisional sampai menjadi tepung kulit telur
4. Setelah menjadi tepung barulah bisa digunakan menjadi pupuk bagi tanaman.
Penelitian tentang kulit telur ini sudah kami lakukan di SDN Cakung Permata Nusa yang mana kami sudah memberikan kepada tanaman untuk dijadikan pupuk baik tanaman yang keras maupun tanaman hias. hasilnya sangat memuaskan dari hari pertama sampai ke 14 tanaman sudah berubah menjadi subur. selain tanah yang subur hewan pengganggu pun tidak senang di antaranya siput, ulat, dan lalat tidak mau mendekat kepada tanaman yang diberikan tepung kulit telur ini.
 
                 
                 

Suka artikel ini?

1 komentar:

Unknown mengatakan... on 23 September 2013 pukul 15.48

Maju terus kgp2tabalong

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Komunitas Komunitas