ABSTRAK PTK : Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bebas dengan Menggunakan Media Audiovisual

Berikut abstraksi PTK saya yang telah selesai dan diseminarkan atas fasilitas dari YABN progam pendampingan 2010. Berikut abstraksinya:
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL SISWA KELAS VIIIA SMPN 2 TANTA 
Oleh: Yadi Karnadi 
ABSTRAK 
            Penelitian ini berlatar belakang dari kesulitan siswa menemukan ide atau kata-kata dalam menyusun puisi. Kesulitan mereka disebabkan oleh kemampuan siswa menuangkan ide yang memang masih lemah dan abstraknya sesuatu yang hendak siswa tulis. Materi menulis puisi merupakan salah satu keterampilan berbahasa, khususnya di bidang sastra. Sangat disayangkan apabila materi penting ini tidak dipelajari secara sungguh-sungguh. Di samping itu, masih banyaknya siswa yang beranggapan bahwa puisi berdekatan dengan sifat cengeng, tidak bermanfaat, tidak ilmiah, sulit dipahami dan membuang-buang waktu. Dari sinilah guru dituntut untuk mengubah pandangan bahwa puisi itu dekat dengan kita, bermanfaat dan menyenangkan, dan tidak sulit untuk ditulis. Untuk mengatasi masalah ini, penulis berupaya menjembatani dengan membuat media audiovisual. Media audiovisual yang dimaksud adalah tayangan gambar atau panorama alam dan musik yang diperdengarkan. Penelitian ini terdiri atas dua siklus yang terdiri atas 4 pertemuan. Permasalahan yang diteliti adalah: bagaimanakah penggunaan media audiovisual dapat memperbaiki proses pembelajaran, menumbuhkan minat, dan meningkatkan kemampuan menulis puisi bebas siswa kelas VIIIA SMPN 2 Tanta? Tujuannya adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media audiovisual terhadap proses pembelajaran, perubahan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran, dan meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa dengan memperhatikan diksi. Data yang diperoleh merupakan data dari penelitian tindakan kelas yang diolah secara kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi (guru maupun siswa) dan kuesioner, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil tes menulis puisi. Dari pengolahan data diketahui bahwa adanya peningkatan nilai kemampuan siswa menulis puisi bebas dari rata-rata 46 pada siklus I menjadi rata-rata 77 pada siklus II. Demikian pula dari analisis hasil observasi dan kuesioner diketahui bahwa siswa mengalami perubahan positif terhadap pembelajaran menulis puisi. Simpulan yang didapat adalah penggunaan media audiovisual dapat meningkatkan proses pembeajaran, minat, dan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIIIA SMPN 2 Tanta Kabupaten Tabalong, dalam hal ini dengan memperhatikan diksi.  Kata kunci : media audiovisual, menulis puisi bebas, diksi
----------------------------------------------------------------------------------------------------------- *) Disampaikan pada Seminar hasil PTK/PTS kerjasama YABN, FKIP Unlam, dan Dinas Pendidikan Kab. Tabalong pada tanggal 9 Oktober 2011 di Tanjung
Suka artikel ini?

0 komentar on ABSTRAK PTK : Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bebas dengan Menggunakan Media Audiovisual :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Komunitas Komunitas